Friday, May 18, 2018

Ini Cara Agar Puasa Pekan Pertama Tak Terasa Memberatkan


Tubuh memerlukan waktu 34 hari untuk beradaptasi dengan perubahan jam makan saat puasa Ramadhan. Ini terjadi karena adanya perubahan pola makan harian.


JAKARTA - Bagi sebagian orang, puasa pada minggu pertama terasa berat. Tak heran jika pada masa transisi ini banyak diantara mereka yang menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan mengeluh lemas dan lapar hingga membatasi aktivitasnya.  Situs Judi Online

Namun, dr David Fadjar Putra, MS, SpGK menjelaskan bahwa demi kelancaran berpuasa selama satu bulan kedepan, hal ini bisa diatasi dengan niat berpuasa yang kuat. Dengan niat yang kuat, dikatakan dr David hal ini dapat mempermudah menjalankan puasa.

"Menjaga puasa agar tidak jebol itu soal komitmen menjalankan ibadah. Kalau komitmennya tidak kuat ya justru merugikan diri sendiri," ungkap dr David.

Sementara Prof Endang L Achadi menekankan untuk tidak perlu merasa khawatir menjalankan puasa Ramadhan. Pasalnya, tubuh hanya memerlukan waktu 3—4 hari untuk beradaptasi dengan perubahan jam makan saat puasa Ramadhan.

"Biasanya tiga kali sehari, sekarang dua kali. 3—4 hari pertama yang sulit. Tapi kalau 3—4 hari pertama sudah dilewati tanpa masalah," tutur Prof Endang.  BANDAR POKER ONLINE

Selain itu meski tengah berpuasa, disarankan juga untuk tetap melakukan aktivitas fisik seperti biasanya. Cara ini dapat membantu tubuh mengenali kebutuhan energi yang kurang dan mulai mengambilnya dari cadangan lemak.

"Jangan kita ikuti kemauan tubuh kita untuk lemas. Kalau kita biarkan terus, hormon-hormon untuk mengeluarkan cadangan energi seperti glukosa itu nggak diproduksi oleh tubuh. Jadi stimulasi untuk hormon-hormon itu memecah lemak sehingga kadar gula darahnya terjaga. Itu yang membuat tubuh kita akan tetap segar," kata dr Sri Sukmaniah, Msc, SpGK.

Kebutuhan air yang cukup saat berpuasa juga penting untuk menjaga proses metabolisme tetap optimal.



BandarQ Domino 99 Domino QQ Poker Online Terbaik Dan Terpercaya


Share:

0 comments:

Post a Comment

POPULAR POST

SATUQQ

Powered by Blogger.

Blog Archive

Definition List