Thursday, February 22, 2018

Penyintas Kanker, Usahakan Gaya Hidup Sehat


TEMPO.CO, Jakarta - Kanker adalah penyakit akibat pertumbuhan tidak normal dari sel-sel jaringan tubuh yang berubah menjadi sel kanker. Dalam perkembangannya, sel-sel kanker ini dapat menyebar ke bagian tubuh lainnya sehingga dapat menyebabkan kematian. Situs Judi Online


Dokter Spesialis Penyakit Dalam dari Departemen Ilmu Panyakit Dalam Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo, Ari Fahrial Syam, mengatakan penyakit kanker memang penyakit yang mematikan. "Seseorang yang telah diobati pun tidak bisa dikatakan sembuh hanya bisa dikatakan penyakitnya mengalami remisi," kata Ari dalam keterangan tertulis.

Artinya, Ketua Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Indonesia (PAPDI) Jaya ini menjelaskan, walaupun secara fisik pasien atau penyintas kanker telah sembuh tetap harus kontrol dan telah harus menjaga dirinya dengan gaya hidup sehat, mengkosumsi makanan yang sehat, banyak mengkosumsi sayur dan buah-buahan serta istirahat cukup.

"Karena sewaktu-waktu bisa saja penyakitnya kambuh," kata Ari yang juga menjadi Ketua Umum PB Perhimpunan Gastrointestinal Indonesia (PEGI).

Menurut Ari, penyintas yang mengalami mengalami relaps setelah mengalami remisi maka akan disebut bahwa kankernya kambuh. "Bisa saja untuk satu kurun pengobatan saat ditemukan masih dini, pasien dinyatakan remisi, tetapi karena pasien merasa dirinya benar-benar sudah sembuh, mereka tidak memperhatikan kesehatan dan gaya hidupnya akhirnya akan mengalami relaps dan kambuh".

Ari menjelaskan, berdasarkan pengalaman pribadinya dalam penangangan kasus kanker kolorektal, pasien yang ditemukan pada stadium 1-2 dan diobati bisa bertahan sampai diatas 5 tahun karena gaya hidupnya baik. "Sebaliknya bisa saja seseorang yang sudah dinyatakan remisi, tetapi tidak memperhatikan gaya hidupnya dalam tempo 1-2 tahun bisa saja kankernya kambuh atau relaps," ujarnya. BANDAR POKER ONLINE




BandarQ Domino 99 Domino QQ Poker Online Terbaik Dan Terpercaya

Share:

0 comments:

Post a Comment

POPULAR POST

SATUQQ

Powered by Blogger.

Blog Archive

Definition List