Thursday, February 8, 2018

Kenali Geriatri, Terapkan Pola Hidup Sehat Sejak Dini


TEMPO.CO, Jakarta - Dalam ilmu kedokteran terdapat cabang ilmu geriatri, yaitu cabang ilmu yang khusus mempelajari keadaan fisiologis dan penyakit yang berhubungan dengan orang-orang lansia. Agen Bandar Q


Para lansia yang telah mencapai umur 60 tahun ke atas dan memiliki lebih dari satu masalah penyakit disebut pasien geriatri.

Memang tidak ada batas yang tegas pada usia berapa penampilan seseorang mulai menurun. Namun umumnya fungsi fisiologis tubuh mencapai puncaknya pada umur antara 20 dan 30 tahun.

Setelah mencapai puncak, fungsi alat tubuh akan berada dalam kondisi tetap utuh beberapa saat, kemudian menurun sedikit demi sedikit sesuai dengan bertambahnya umur.

Maka dari itu, orang-orang yang telah memasuki masa lanjut usia kerap mengalami masalah kesehatan. Tidak sedikit lansia memiliki lebih dari satu penyakit yang dideritanya.


Praktisi klinis dan Staf pengajar FKUI/RSCM, Dr Ari Fahrial Syam menjelaskan bahwa seiring peningkatan umur, akan terjadi penuruan fungsi-fungsi organ dalam tubuh,

“Misalnya, daya tahan tubuh yang menurun. Kemudian mudah jatuh karena pengapuran, lalu karena fungsi gigi sudah terganggu jadi susah makan, juga penurunan fungsi mata dan telinga yang bisa menyebabkan depresi,” jelasnya.

Kencing manis, darah tinggi, kolesterol, paru-paru bermasalah, juga jantung adalah beberapa penyakit yang umumnya muncul saat lansia. Namun, dr. Ari mengungkapkan tidak semua penyakit tersebut bisa dianggap sebagai tanda penyakit khusus lansia.

Faktor penurunan daya tahan tubuhlah yang menyebabkan lansia mudah terserang berbagai penyakit sehingga berujung pada komplikasi. Faktor lainnya adalah pola gaya hidup yang tidak sehat sewaktu usia muda dan dilakukan dalam jangka waktu yang lama.

Oleh karena itu, hal yang bisa dilakukan untuk meminimalisir timbulnya penyakit komplikasi khususnya bagi lansia adalah dengan melakukan check-up kesehatan secara rutin. Terlebih bagi pasien yang mempunyai penyakit darah tinggi atau kolesterol.

Menjalani pola gaya hidup yang sehat juga harus dilakukan. Tetap aktif dan mandiri melakukan segala aktivitas, termasuk rutin berolahraga demi menjaga kesehatan tubuh bagi para lansia. Domino 99


BandarQ Domino 99 Domino QQ Poker Online Terbaik Dan Terpercaya








Share:

1 comments:

  1. ayo mainkan permainan menarik yang sangat ditunggu-tunggu
    Di Bulan ini banyak Bonus yang bisa didapatkan loh
    Hanya di Fifapoker bermain Poker dengan Bonus yang besar
    Jangan lewatkan juga kesempatan mendapatkan Angpao di bulan Februari ini
    Daftar sekarang

    Info Lebih Lanjut Bisa Hub kami Di :
    BBM : 7B3130BF
    whatsapp : +6281326993756

    ReplyDelete

POPULAR POST

SATUQQ

Powered by Blogger.

Blog Archive

Definition List