Saturday, June 10, 2017

Anti Lemas Saat Puasa, Hindari 5 Menu Ini Saat Sahur


Agar tak lemas saat menjalani puasa seharian, sahur tentu jadi hal yang tak boleh Anda lewatkan. Walau bisa jadi sumber energi selama shaum, bukan berarti Anda bisa mengonsumsi semua makanan yang ada di meja semaunya.

Sebab, jika salah memilih menu, bisa saja berpengaruh terhadap kondisi tubuh Anda. Tak mau kan ibadah puasa jadi tak khusyuk hanya karena asal makan saat sahur.

Berikut ini 5 menu ini saat sahur agar tetap segar seharian berpuasa seperti yang dirangkum dari berbagai sumber oleh Liputan6.com, Jumat (9/6/2017)

1. Sambal

Untuk pencinta makanan pedas tentu tak akan puas kalau makan tanpa sambal. Tapi tak mau, kan ibadah puasa jadi terganggu karena masalah perut yang menyebabkan Anda lemas seharian. Mengonsumsi sambal berlebihan saat sahur berefek buruk pada kesehatan. Lambung akan perih dan diare bisa saja terjadi.

2. Gorengan

Saat Ramadan tiba, jumlah gorengan yang Anda konsumsi mungkin akan jadi lebih banyak dibandingkan dengan hari biasa. Padahal menu ini termasuk dalam makanan berbahaya saat puasa lho! Nggak hanya sahur, saat berbuka pun sebaiknya hindari panganan satu ini. Perlu waktu dan energi yang besar untuk mencerna gorengan. Anda akan mudah merasa lemas dan haus saat berpuasa jika mengonsumsi ini di kala sahur. Poker Online Terpercaya

3. Cokelat

Malas untuk menikmati makan sahur mungkin jadi alasan Anda memilih camilan seperti cokelat untuk dikonsumsi di waktu tersebut. Eits, hati-hati! Kandungan gula yang berlebih dalam cokelat justru bisa meningkatkan asam dalam tubuh. Efeknya, tubuh akan lemas seharian dan puasa pun jadi terasa berat.

4. Kafein

Supaya tak mengantuk saat sahur, biasanya kita memilih kopi atau teh sebagai minuman pengganti air putih. Padahal, kandungan kafein pada kedua minuman tersebut punya efek buruk untuk tubuh saat berpuasa lho. Efek diuretik yang dihasilkan dari keduanya dapat mengakibatkan dehidrasi. Jadi, Anda akan mudah merasa haus saat puasa nanti.

5. Mi Instan

Mi instan memang lebih praktis dan mudah disiapkan untuk santap sahur. Tapi, dampak yang diberikan tentunya tidak baik untuk kesehatan Anda karena kandungan bahan pengawet dan MSG yang ada di sana. Selain tak sehat, rasa kenyang yang dihasilkan juga tak bertahan lama. Kandungan garam dan lemak yang tinggi pun bisa memicu kegemukan untuk Anda. Poker Online Terbaik

6. Gulai

Menyantap gulai berkuah santan yang gurih saat sahur memang nikmat. Namun, Anda harus ingat efek buruk yang diberikan oleh menu satu ini. Tingginya kandungan lemak membuat makanan ini sulit dicerna. Anda akan mudah merasa lemas, lesu, dan haus saat puasa nanti. Resiko kolesterol atau hipertensi pun bisa menghantui Anda.


0 comments:

Post a Comment

Copyright © 2015 L I F E
| Distributed By Gooyaabi Templates